PENDAHULUAN
Training Okupasi Waiter Sertifikasi BNSP – Skema Okupasi Waiter disusun berdasarkan implementasi dari Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009. Skema waiter berguna sebagai acuan dalam bidang Food dan Beverage Service yang mengacu pada standar kompetensi hasil MRA diantara negara ASEAN yaitu pada acuan ACCSTP dan acuan CATC. Oleh karena itu, tenaga kerja yang mendapat sertifikat kompetensi, kompetensi tersebut dapat diakui dimanapun baik nasional maupun internasional terutama di ASEAN
BMD Training Centre – Merupakan tempat yang memiliki lisensi sebagai Tempat Uji Kompetensi untuk penyelenggara program Pelatihan Okupasi Waiter. Skema Okupasi Waiter dijadikan acuan mendapatkan sertifikat kompetensi dalam bidang Food and Beverage Service bagi tenaga kerja yang telah mendapat kompetensi bidang tersebut melalui suau proses pembelajaran baik formal maupun non formal, pengalaman kerja maupun pelatihan kerja. Sebuah pilihan yang tepat apabila mengikuti pelatihan ini di BMD Training Centre, karena tempat yang kompeten dan sangat berpengalaman.
MAKSUD DAN TUJUAN
Setelah para peserta menyelesaikan program Pelatihan Okupasi Waiter Sertifikasi BNSP , diharapkan :
- Mampu berkomunikasi dan menjaga kebersihan dengan baik
- Mampu mengembangkan, memperbarui, dan memelihara pengetahuan
- Mampu membaca Dan menginterpretasikan instruksi dasar, arah dan Diagram dan mempromosikan produk
- Dapat bekerja sama secara efektif dan menyelesaikan keluahan yang dialami pelanggan
- Dapat menyediakan pelayanan makanan dan minuman serta pelayanan gueridon
- Mampu menerima dan dapat menyimpan barang yang masuk dengab aman dan mentransaksi uang dengan benar
- Mampu menyediakan room sevice dan menyiapkan makanan
MODUL PELATIHAN
- Teknik komunikasi dengan baik dan benar
- Prosedur pelayanan dan penyiapan makanan,minuman dan ruangan dengan benar
- Prosedur pengembangan, perbaruan, dan pemeliharaan pengetahuan
- Teknik bekerja sama dengan kolega dan pelanggan
- Teknik promosi yang benar
SIAPA YANG HARUS MENGIKUTI PROGRAM INI?
- F&B Director F&B
- Outlet Manager
- Head Waiter
- Bartender
- Waiter
SYARAT-SYARAT MENGIKUTI PROGRAM INI
- Minimal 12 bulan pengalaman kerja/job training
- Pernah mengikuti pelatihan yang relevan dengan unit-unit pada okupasi ini
- Copy KTP
- Copy Ijazah terakhir
- CV (Curriculum Vitae)
- Pas Foto 4×6 sebanyak 4 lembar
- Copy sertifikat pelatihan
- Surat Bukti keterangan kerja dari perusahaan
- Jobdesk
- Pemohon mengisi formulir APL 02, bukti lain yang mendukung persyaratan kerja / portofolio.
Skema Okupasi Waiter
No. | Kode Unit | Judul Unit |
1. | D1.HRS.CL1.04 | Berkomunikasi melalui telepon |
2. | D1.HRS.CL1.05 | Mengikuti prosedur kebersihan di tempat kerja |
3. | D1.HRS.CL1.06 | Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan local |
4. | D1.HRS.CL1.07 | Menerapkan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja |
5. | D1.HRS.CL1.08 | Memelihara pengetahuan industri perhotelan |
6. | D1.HRS.CL1.11 | Melakukan prosedur klerikal |
7. | D1.HRS.CL1.12 | Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama |
8. | D1.HRS.CL1.13 | Mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan |
9. | D1.HRS.CL1.14 | Membaca Dan Menginterpretasikan Instruksi Dasar, Arah Dan / Atau Diagram |
10. | D1.HRS.CL1.15 | Meneriman dan menyelesaikan keluhan Pelanggan |
11. | D1.HRS.CL1.17 | Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Pada Tingkat Operasional Dasar |
12. | D1.HRS.CL1.18 | Bekerjasama Secara Efektif Dengan Pelanggan Dan Kolega |
13. | D1.HRS.CL1.19 | Bekerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Berbeda |
14. | D1.HRS.CL1.20 | Melaksanakan Tugas Perlindungan Anak Yang Relevan Dengan Industri Pariwisata |
15. | D1.HBS.CL5.02 | Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang makanan dan minuman |
16. | D1.HBS.CL5.09 | Menyediakan penghubung antara dapur dan area pelayanan |
17. | D1.HBS.CL5.12 | Menyediakan layanan makanan dan minuman |
18. | D1.HFI.CL8.07 | Memprosestransaksi keuangan |
19. | D1.HBS.CL5.11 | Menyediakan layanan gueridon |
20. | D1.HBS.CL5.14 | Menyediakan silver service |
21. | D1.HBS.CL5.15 | Menyediakan layanan minuman anggur |
22. | D1.HGE.CL7.11 | Menerima dan menyimpan dengan aman barang yang masuk |
23. | D1.HBS.CL5.16 | Mengambil pesanan dan menyiapkan meja |
24. | D1.hbs.cl5.10 | Menyediakan saran ahli tentang makanan |
25. | D1.HFI.CL8.08 | Memprosestransaksi pembelian barang atau jasa |
26 | D1.hbs.cl5.07 | Menyiapkan dan menghidangkan minuman non-alkohol |
27. | D1.hbs.cl5.13 | Menyediakan room service |
PROFIL TIM PENGAJAR KLIK DISINI
DURASI PELATIHAN
2 Hari Pembinaan/pelatihan dan Pra-Asesmen
1 Hari Pelaksanaan Uji Kompetensi (Untuk lokasi pelatihan dan ujian menyesuaikan dengan domisilin lokasi LSP)
METODE PELAKSANAAN DAN FASILITAS
Off line: Modul (soft/hardcopy), Sertifikat Kompetensi dari BNSP (Jika lulus), Sertifikat Pelatihan Okupasi Waiter dari BMD Training Centre (pasti dapat), makan siang, 2 x coffebreak, training kit, foto bersama dan tempat pelaksanaan yang nyaman.
BIAYA PROGRAM TERMASUK SERTIFIKASI BNSP
Offline: Rp 8.200.000/peserta (Belum Termasuk Pajak-Pajak)
INFORMASI DAN PROMO
Hub : 021 – 756 3091
Fax : 021 756 3291
CONTACT PERSON
0813 8280 7230, 0812 8931 1641
JADWAL PELATIHAN OKUPASI WAITER SERTIFIKASI BNSP 2024 :
- 06-08 Mei 2024 Bogor
- 03-05 Juni 2024 Bali
- 01-03 Juli 2024 Jakarta
- 05-07 Agustus 2024 Yogyakarta
- 02-04 September 2024 Bandung
- 01-03 Oktober 2024 Surabaya
- 04-06 November 2024 Bogor
- 02-04 Desember 2024 Malang